Shodan Search Engine


Pernahkan anda mendengar Search Engine atau Mesin Pencari bernama Shodan ? Shodan adalah sebuah mesin pencari yang dirancang untuk mencari perangkat dan sistem komputer yang terhubung dengan internet. Situs ini diluncurkan pada tahun 2008 oleh programmer John Matherly, yang memiliki ide mencari peralatan-peralatan yang terhubung dengan Internet

Berbeda dengan Search Engine yang lainya, seperti Google, Yahoo, Bing dll, yang fungsinya digunakan untuk mencari sebuah artikel, situs, atau informasi terkait web, Shodan mampu mencari server, webcam, printer, router, sistem lampu lalu lintas, kamera CCTV, perangkat otomatisasi rumah, sistem kontrol untuk taman air, pompa bensin dan semua perangkat yang terhubung dengan internet, ataupun mencari ISP untuk konsumsi Internetan Gratis menggunakan Tuneling Bahkan sistem pembangkit listrik tenaga nuklir dapat ditemukan menggunakan Shodan.



John Matherly mengatakan bahwa Shodan membatasi hingga 10 hasil pencarian tanpa akun dan 50 hasil pencarian jika menggunakan akun. Sang pencipta Shodan mengatakan bahwa tujuan diciptakannya Shodan adalah untuk kebaikan.

Pada Defcon Cyber Security Conference 2012, Dan Tentler seorang Tester penetrasi keamanan independen, menunjukkan bagaimana ia menggunakan Shodan untuk menemukan sistem kontrol untuk menguapkan pendingin, pemanas air bertekanan, dan pintu garasi. Ia juga menemukan tempat pencucian mobil yang bisa dinyalakan dan dimatikan, sebuah arena hoki di Denmark yang dapat dicairkan dengan mengklik tombol. Seluruh sistem kontrol lalu lintas Sebuah kota yang terhubung ke Internet dan dapat dimasukkan ke dalam “test mode” dengan entri perintah tunggal. Dan dia juga menemukan sistem kontrol untuk pembangkit listrik tenaga air di Perancis dengan dua turbin yang masing-masing menghasilkan 3 megawatt.

Pengguna utama Shodan adalah para profesional Cyber Security, peneliti, dan badan penegak hukum. Walaupun pelaku kejahatan Cyber juga bisa menggunakan situs ini, kebanyakan di antaranya memiliki akses Botnet (Botnet adalah suatu jaringan memasukkan robot-robot perangkat lunak, yang dijalankan secara otomatis) yang dapat melakukan hal yang sama seperti Shodan tanpa terdeteksi.

Seperti yang dilansir dari CNN (08/04/2013), kehadiran Shodan ini tetap seperti sebuah pedang bermata dua, baik tidaknya mesin pencari Shodan ini akan tergantung dari penggunanya.

Saat Penulis membuka homepagenya di www.shodanhq.com ada slogan tertulis “Expose Online Devices”. Dari slogan tersebut harus diakui bahwa mesin pencari ini cukup mengerikan dan menghawatirkan. Bahkan, John Matherly, sang pencipta Shodan mengklaim bahwa mesin pencari buatannya adalah mesin pencari yang paling menakutkan di internet.

Setelah Mencoba register dan mengutak-atik Pecarian SSH akhirnya Penulis menemukan  Akun SSH Indonesia tanpa Password Dan User seperti gambar di bawah ini

Semoga bermanfaat...

  


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger